ABOUT US

fghgjghkhjkjlkjl

Junge Architekt Studio adalah studio perencanaan dan perancangan arsitektur yang didirikan secara bersama oleh TIM sejak tahun 2011. Dalam bahasa Jerman, Junge berarti “Muda” dan Architekt berarti “Arsitek”. Jadi, Junge Architekt adalah “arsitek muda”.

Kami menerima konsultasi desain arsitektur dengan cakupan Residential/rumah hunian, maket visual, dan 3d visual. Berangkat dari semangat, yang dirasakan saat ini dengan tujuan untuk mengembangkan arsitektur yang ada di indonesia,  dengan memaksimalkan potensi dari karakter arsitektur Indonesia yang bisa berbicara universal di dunia serta mempunyai dampak positif terhadap lingkungan sekitar.

AS

OUR PEOPLE                                                   

sigit pramana putra, junge architekt studio, National University Singapore

Male, 24 years old
Founder of Junge Architekt Studio
Principal Architect at AATREYA Group
Lecturer Of Architetcure at Department Of Architecture, Yogyakarta University Of Technology, 2014 – 2017
Undergraduate Program, Department Of Architecture, Yogyakarta University Of Technology, 2014
Vocational High School, Building Engineering , SMKN 1 Gadingrejo, Lampung 2010

PRINCIPAL ARCHITECT & FOUNDER

                 Sigit Pramana Putra lahir di Lampung, 27 September 1992, masuk kuliah di jurusan Arsitektur UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta) pada tahun 2010. Sigit Pramana Putra adalah Alumni dan Dosen jurusan Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta, semasa kuliah ia tercatat sebagai mahasiswa berprestasi dengan IPK 3.94, dan mendapatkan penganugerahan sebagai Mahasiswa Berprestasi Se-Universitas Teknologi Yogyakarta 2014.

Selain berprestasi di bidang akademik Aktif dalam kegiatan penelitian yang dilakukan dosen dan team dari universitas di Indonesia, ia juga aktif dalam kegiatan sayembara Arsitektur baik Nasional maupun Internasional. Ia juga aktif di kegiatan organisasi seperti tokoh pembina muda senthir (The Youth Spirit Of Yogyakarta Heritage Society), Greenmap Indonesia (Mapper), Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (Researcher), Jogja Heritage Society (Researcher), dan forum lainnya.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan juara II lomba teknologi informasi tingkat universitas (2012), the best 10 desain kompetisi nasional Universitas Gajah Mada(2013), Juara III Sayemabara penataan ruang oleh kementrian pekerjaan umum (2013), 30 desain terbaik dalam Dulux Young Talent Design Competition (2013), mahasiswa perwakilan dari D.I.Y dalam kompetisi nasional di surabaya bersama Urban Discovery (Hongkong), Nuffic (Belanda) dan BPPI (Indonesia) (2012), Sebagai mahasiswa perwakilan dalam International Field School Universitas Gajah Mada (2012), Penulis paper pada National Seminar and Symposium Universitas Teknologi Yogyakarta (2012), penghargaan kerjasama dengan Heritage Extension Kota gede (JRF, NMC) (2012), penghargaan dalam kerjasama Rehabilitation and Recontruction Merapi Eruption (DMC) (2011-2012).

4

 History & Biography

PENCAPAIAN TERBESAR DALAM HIDUPKU

Niat, Impian, Keprihatinan, Usaha, Keluarga, dan Doa

Pada tahun 2010, saya memutuskan untuk kuliah, masa tersebut merupakan masa yang sangat luar biasa juga “aneh” bagi kami semua. Mengapa demikian? karena saya adalah satu-satunya anak dari 5 bersaudara yang nekat dan berani untuk kuliah, hal yang benar-benar di luar bayangan kami semua.Dalam sejarah cucu dan anak dari kakek nenek,belum pernah ada seorangpun yang kuliah, dan sayalah yang pertama kali kuliah! Ini merupakan hal yang luar biasa dalam keluarga kami, karena melihat dari keterbatasan ekonomi yang kami miliki, bisa dikatakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sangat sulit, apalagi harus membiayai anak sekolah, tidak bisa dibayangkan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

Namun,orangtua yang selalu mendukung mimpi anaknya ini selalu memprioritaskan pendidikan sebagai sebuah investasi masa depan yang sangat penting dan mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk anaknya. Dengan berbagai pertimbangan itulah,sejak kecil saya belajar bahwa beasiswa adalah satu-satunya cara bagi saya untuk bisa sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Tahun 2010-2014 adalah masa dengan tantangan hidup yang sungguh luar biasa, sehingga selalu menjadi motivasi tersendiri ketika saya merasa lelah. Akhir 2010, saya diterima di jurusan arsitektur pada 2 perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, tanpa adanya tes, sekaligus mendapatkan beasiswa untuk keduanya. Waktu itu, karena saya tinggal di Lampung, tentunya untuk menuju ke Yogyakarta bukanlah hal yang mudah.Dengan bekal Rp 3.000.000,00 saya berjuang untuk bisa mendapatkan tempat kuliah, kost dan biaya hidup di Jogja. Dana Rp 3.000.000,00 yang saya tidak pernah pegang sebelumnya itu, modal pinjam dari saudara ibu untuk bisa sampai ke kota pelajar ini. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk kuliah di UTY dan melepas UII dengan banyak pertimbangan, saya memilih UTY karena biaya kuliah yang lebih terjangkau, Rp 750.000,00 untuk jalur PMDK, sehingga Rp 1.500.000,00 bisa digunakan untuk biaya kos serta sisanya untuk kehidupan sehari-hari.

kedaulatanrakyat_20141108_masSigit-11

September 2010 awal perkuliahan, hanya dengan bermodal seadanya (pakaian, sepatu, tas, dll.) yang semuanya bekas dan dari pemberian beberapa orang (kakak, teman dan dosen) yang saya gunakan untuk menuntut ilmu, tanpa rasa malu dan justru sangat bersyukur masih banyak orang yang peduli kepada saya.Kuliah dengan bermodal nekat dan penuh perjuangan ini dimulai, awal perkuliahan guna mengirit konsumsi, hampir setiap hari sayaselalu mengkonsumsiIndomie dengan bagian porsinya (1 indomie untuk 1 hari) bisa dibayangkan Indomiedan telur saya buat omelet, dibagi menjadi 3 bagian, yaitu untuk sarapan, makan siang dan makan malam, waktu itu saya hanya memiliki modal 1 rice cooker yang diberi dari kakak saya yang saya tenteng-tenteng di kapal laut, di bus, diterminal dsb. Karena hampir semua peralatan saya bawa dari rumah. Memasak nasi dan lauk semua menggunakan ricecooker, tidur hanya beralaskan ambal bekas tanpa kasur dan semua serba apa adanya dan hal tersebut saya jalani dengan hal yang sama hingga tahun 2012.

Tahun 2012 masa terekstrem dalam perkuliahan maupun keluarga. Kondisi ekonomi waktu itu macet total, saya tidak tahu harus bagaimana saya bisa makan, membiayai kuliah dan lain sebagainya, sempat terpikir untuk berhenti sejenak “cuti” untuk mencari kerja atau malah berhenti total, waktu itu benar-benar cobaan yang luar biasa, namun segala Puji bagi ALLAH Tuhan semesta alam, saya diterima beasiswa PPA yang saya apply untuk tahun 2012, sangat bersyukur dan luar biasanya semangat saya kembali meluap layaknya api yang berkobar. Saya tergolong mahasiswa yang sangat aktif dan pekerja keras hampir semua organisasi saya ikuti baik yang ada di dalam lingkungan kampus maupun diluar lingkungan kampus, aktif dengan penelitian-penelitian dosen, kerja freelance yang semuanya untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tahun 2013 adalah masa peradaban dalam hidup, awalnya saya mendirikan studio arsitektur (namun masih banting kanan kiri tidak semulus yang di bayangkan terkadang berbulan2 tidak ada pemasukan freelance, karena semuanya saya kerjakan sendiri), dengan modal laptop dan kreatifitas dalam web desain. Freelance untuk beberapa pekerjaan yang saya lobi dari dosen-dosen dan teman serta relasi dimana mereka dapat mempercayakan pekerjaannya kepada saya, karena kemampuan yang saya miliki dan telah beberapa kali menjuarai kompetisi dalam bidang desain arsitektur. 2013 tergolong cukup untuk membiayai kuliah karena di bantu dari Beasiswa HAH Foundation (Hasri Ainun Habibie). 2013 awal saya bisa memiliki sepeda yang sejak awal selalu berjalan kaki untuk pergi ke kampus, sedangkan keluar sering naik Trans Jogja. Namun pertengahan 2013 ekonomi keluarga cukup berantakan waktu itu, pernah waktu itu orang tua hendak mencoba menjual kayu jati di kebun malah ditipu orang, yang sampai saat ini uangnya tidak diberikan, namun semua tetap harus di syukuri dan kami ikhlaskan, saat ini bapak didiagnosa mengidap penyakit Rhinitis Vosomotor sebagai akibat dari terganggunya keseimbangan dari saraf autonom pada mukosa hidung yang menyebabkan terjadinya vasodilatasi dan hipersekresi. Sampai saat ini bapak masih terus berobat untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut dan tentunya bekerja sudah tidak lagi seperti dulu.

Tahun 2014 masa luar biasa dalam hidup saya, segala Puji bagi ALLAH Tuhan semesta alam setelah perjalanan yang luar biasa tersebut pula, saya dapat memetik buah yang sangat manis dari keprihatinan, perjuangan, doa dan cinta. Lulus sarjana pada 15 Juli 2014, lulus dari jurusan arsitektur UTY dengan waktu 3 tahun 9 bulan, dengan predikat mahasiswa berprestasi se-UTY tahun 2014 serta IPK 3.94 dan mendapatkan lebih dari 15 penghargaan baik nasional maupun internasional, kuliah dengan biaya nekat yang dimulai dari tekad dan niat yang besar dan satu-satunya dalam trah keluarga yang bisa mencapai pendidikan sarjana, mampu mengangkat derajat orang tua, kakak adik,kakek, nenek dan semuanya dalam keluarga.

sigit pramana putra, junge architekt studio, sigit juara 1 MAWAPRES UTY 2014, NILAI IPK KULIAH

Tanggal 8 November 2014, hari wisuda sarjana, perjuangan ini terbit di media cetak Kedaulatan Rakyat sebagai wisudawan terbaik dengan tagline “Anak Pelosok Berprestasi Ingin Jadi Profesor” yang saat itu dibagikan untuk semua orang tua wisudawan, saya dapat membiayai kedua orang tua dan keluarga untuk datang ke acara wisuda, pertama kalinya saya bisa menaikan pesawat terbang untuk orang tua dan keluarga yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya, dan yang paling utama dalam wisuda ini, setelah 35 tahun tidak pernah ke Jogja untuk menyatukan kembali saudara (karena keluarga orangtua dari bapak dan ibu asal muasal dari Bantul, Jogja) saat itu saya dapat mempertemukan mereka kembali di sini di acara wisuda yang sangat sakral dalam keluarga, hal yang tidak terbayangkan untuk saya dan keluarga dalam hidup ini, bisa berdiri mengenakan toga dan betapa bangganya melihat kedua orang tua hadir di depansaya, tersenyum sambil meneteskan air matanya dapat berkumpul dengan keluarga yang sangat istimewa ini.

Saat ini saya diangkat sebagai Dosen arsitektur UTY di usia 22th, mampu mandiri dengan studio arsitektur dan memiliki beberapa tim kerja, mampu sedikit membantu ekonomi keluarga, mampu berbagi ke sesama, dan saat ini saya dan teman-teman yang luar biasa telah menulis buku tentang “Inspirasi Kami Bagi Indonesia Nanti” yang mana semua dana yang didapatkan akan digunakan untuk membantu adik -adik dan teman-teman kurang mampu untuk dapat mewujudkan mimpinya guna terus bisa belajar, karena keterbatasan ekonomi bukanlah hambatan, selagi kita mau berusaha, pasti selalu ada jalan, memang tidak ada yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin, percayalah kita bisa menjadi seperti yang apa kita inginkan.

Untuk di tekankan bahwa apa yang saya ceritakan disini bukan untuk kesombongan melainkan saya sangat berharap semoga ini dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.

FOR DOWNLOAD CURRICULUM VITAE : CLICK HERE

1. PENGHARGAAN SEBAGAI MAHASISWA BERPRESTASI SE-UNIVERSITAS

sigit pramana putra, junge architekt studio, sigit juara 1 MAWAPRES UTY 2014, NILAI IPK KULIAH

2. STUDI ARSITEKTUR DI NATIONAL UNIVERSITY OF DINGAPORE (NUS) SINGAPORE

sigit pramana putra, junge architekt studio, National University Singapore

3. PENGISI KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN DALAM ARSITEKTUR

11402638_983653554978380_2483929691508092137_o - Copy

4. PANELIS DALAM ACARA SOSIALISASI PEKAN KREATIFITAS MAHASISWA

10653831_846278235382580_8962031437502712294_n - Copy

5. SEMINAR MOTIVASI PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU TAHUN 2013, 2014, 2015, 2016

sigit pramana putra

sigit pramana putra

sigit pramana putra, junge architekt studio, uty

6. PANELIS PELUNCURAN APLIKASI PUSAKA AT GEDUNG BI (BANK INDONESIA) YOGAKARTA

10628318_832875416722862_3868379144885774447_n - Copy

7. DISKUSI BERSAMA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI LAMPUNG TERKAIT PENGEMBANGAN BANDARA RADIN INTEN

10479926_830057890337948_2714376291277432845_o

8. MOTIVASI SISWA AT SMK N 1 GADING REJO, LAMPUNG, 2011, 2012, 2015

1396797_773339276009810_6289107959955979525_o

Sigit pramana putra, junge architekt studio, smkn1 gadingrejo

9. PROSES BELAJAR MENGAJAR AT DEPARTMENT OF ARCHITECTURE UTY 2014 – 2017

10850307_892497364094000_7495900410752604027_n

10. INSPIRING SESSION (UTY ENTREPRENEURSHIP DAYS 2016)

sigit pramana putra, junge architekt studio, uty, arsitek sigit

11. Kuliah Umum Kewirausahaan  UTY 2017

Sigit Pramana Putra, Junge Architekt Studio

12. Relawan Pengajar Kelas Inpsirasi Madiun 4  2016

Sigit Pramana Putra, Junge Architekt Studio, kelas inspirasi

13. Pembicara dalam Temu Alumni Arsitektur UTY 2016

Sigit Pramana Putra, Junge Architekt Studio, uty

14. Juri dan Pembicara Workshop CAD Copetition  UTY 2015

Sigit Pramana Putra, Junge Architekt Studio, CAD Competition